Rabu, 07 Maret 2012

Cara Mengatasi Langit Terang Saat Mengabadikan Lanskap

Banyak kamera memang tidak mampu menghitung setting yang tepat untuk obyek yang berkontras tinggi. Ini dikarenakan tangkapan dynamic range dari kamera tidak sebaik mata manusia.hal ini sering kali tidak terhindari namun anda dapat mengakalinya dengan beberapa cara
salah satu yang paling mudah adalah memotret obyek dengan tidak berhadapan langsung dengan matahari meskipun tehnik ini membuat tampilan foto terasa datar. Banyak vendor kamera membuat fitur untuk mengatasi ini seperti D-lighting untuk Nikon dan Canon's highliht tone Priority. Jika ada aktifkan saja selain itu pastikan setelan untuk eksposur pada obyek (selain langit) Anda tepat.
cara paling praktis adalah menggunakan filter di depan lensa anda yaitu filter neutral density (ND) atau graduated neutral density(G ND) yang mampu mengurangi bagian yang belebihan turun beberapa stop sehingga langit tidak tampil putih (blown out). GND memiliki sebagian area filter dan lainnya terlapisi filter GND sehingga mampu membuat eksposurpda langit turun bebrapa stop dan untuk daratan tetap.
Banyak pilihan filter ND atau GND di pasaran salah satunya adalah keluaran B+W seperti ND filte 0,3 2X ND filter 0,6 4X, B+W ND filter 3,0-1000X atau B+W graduated red filter untuk membuat langit senjata kejinggaan dan tidak putih.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: