Rabu, 07 Maret 2012

Trik Mujarab Menggunakan Polariser

Banyak produk fotografi yang dikatakan sebagai peralatan yang perlu dimasukan kedalam tas kamera tetapi tidak ada yang sepenting polariser. Bagi fotogfrafer outdoor, filter ini begitu penting sekali hingga jarang sekali dilepaskan dari lensa kamera. Hampir sama seperti memandang melalui kacamata hitam kesayangan penggunaan polariser yang trampil akan membuat dunia tampak akan lebih baik.
BBukan hanya kemampuanya memperkaya warna yang membuat filter ini menjadi alat fotografi istimewa, lebih dari itu selain membuat warna itu terlihat lebih hidup polariser juga dapat menembus air menjinakan refleksi yang sulit ditampilkan denagan jelas bahkan memperlambat kecepataan shutter sebanyak dua stop.
Pertama polariser bekerja dengan mengurangi refleksi. Polariser terjadi paling intens ketika kamera tegak lurus dengan sumber cahaya . Filter bekerja dengan menghalangi berkas cahaya pada frekuensi sama yang di refelsikan. Jika p[osisi kamera dengan sumber cahaya semakin mendekati 90 derajat efek polarisasi semakin jelas. Jika kamera di arahkan ke posisi yang menjauhi sumber cahaya hingga mendekati 180 derajat atau justru mendekati sumber cahaya efk polarisasi akan berkurang inilah alasan mengapa ketika digunakan untuk mengabadikan lanskap polariser berfungsi minimal kietika kamera menghadap matahari tepat berada di belakang gambar.
Polariser juga berfungsi sempurna untuk langit. Cahaya yang merefleksikan kelembban di udara berkurang hingga menghasilkan tonal yang lebih gelap dan warna biru yang tersaturasi dengan baik. Langit yang berwarna biru apik berpadu cantik dengan awan yang kontras, dan menyajikan gambar yang lebih mencolok dan dinamis dari pada langit yang sebelumnya terlihat pucat. Namun pastikan efek tidak tampak berlebihan. Cahaya yang di refleksikan dari dedaunan atau rumputbisa membuat warna hijau terlihat kusam. Polariser dapt membantu mencegah refleksi tersebut dan dapat menghidupkan kembali warna yang dapat tersaturasi secara berlebihan pada proses.Polariser juga dapat digunakan untuk menampilkan obyek yang tesembunyi di kedalaman . Seperti didasar prahu polariser dapat menembus refleksi dan dapaat membuat kamera melihat kebawah permukaan air.mengurangi tingkat cahaya yang direfleksikan menandakan bahwa polariser juga dapat memperlambat kecepatan shutter sehingga hasil gambaran terlihat tidak tajam  Filter polariser merupakan alt yang mampu menyajikan kualitas yang tidak mungkin di tiru di komputer pada tahap pengolahan.
Polariser apa yang bisa di pilih? ada dua ada dua jenis polariser yaitu linier dan circular. Linier polariser pada prakteknya sudah kuno karena tidak dapat di fungsikan dengan teknologi otofokus modren jadi pilihan circular polariser dan sesuaikan ukuran cicin filter lensa (yang paling umum 67mm dan77mm) pastikan ada membeli polariser tipis pada lensa ketika mengabadikan lanskap da perhatikan tampilan yang dihasilkan.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: